Bismillahirrohmaanirrohiim

BANJIR BANDANG DI MEKKAH SAAT USIA RASULULLAH SAW. 35 TAHUN DAN LAHIRNYA PUTRI PERTAMA

Oleh : Sya'roni As Samfuriy

Disebutkan dalam kitab as-Sirah an-Nabawiyyah juz 1 halaman 114: “Saat usia beliau Saw. 35 tahun, terjadilah peristiwa banjir bandang yang menerjang Ka’bah sehingga dinding-dinding Ka’bah retak. Kemudian para penduduk Makkah bergotong-royong membangunnya kembali dan beliau Saw. turut serta membangunnya.

Pada saat itu penduduk Makkah terbagi dalam beberapa suku atau kabilah. Setelah sampainya pembangunan pada peletakan Hajar Aswad, setiap kabilah menginginkan kehormatan bagi ketuanyalah yang meletakkan Hajar Aswad di tempatnya. Maka terjadilah pertengkaran yang sangat sengit di antara mereka.

Tak lama kemudian datanglah Abu Umayyah bin al-Mughirah, orang yang paling tua diantara mereka, untuk menengahi pertengkaran tersebut lalu berkata: “Wahai kaum Quraisy, demi kedamaian dan kebaikan kita bersama, kita serahkan saja masalah ini kepada siapa saja yang pertamakali masuk masjid lewat jalan ini.”

Akhirnya mereka pun menyetujui saran tersebut demi menjaga kedamaian dan kebaikan bersama. Dengan serentak mereka memperhatikan jalan itu dengan menunggu-nunggu siapa gerangan yang pertamakali datang. Tak lama kemudian muncul seorang yang paling tampan, berwibawa, paling dihormati serta dihargai dan paling terpercaya. Tiada lain dia adalah beliau Saw. Dengan serentak mereka mengucapkan: “Ia adalah Muhammad al-Amiin. Ia adalah Muhammad al-Amiin. Kami semua akan setuju dan menerima keputusannya.”

Sesampainya beliau Saw. di tempat tersebut, mereka memberitahu apa yang telah disepakatinya. Kemudian beliau Saw. dengan penuh hikmah menggelar sorbannya lalu diangkatlah Hajar Aswad itu dan diletakkan di tengah sorban. Kemudian beliau Saw. mempersilakan setiap ketua dari kabilah Quraisy untuk bersama-sama mengangkat sorban tersebut. Sesampainya di tempat peletakkan Hajar Aswad, beliau Saw. mengambil Hajar Aswad tersebut dan meletakkan di tempatnya.

Dengan demikian semua kabilah merasa lega hatinya dan merasa puas atas kebijakan beliau Saw. Dan mereka pun meneruskan pembangunannya dengan senang hati hingga selesainya pembangunan tersebut. Sejak itulah semakin memuncak kekaguman dan penghargaan kaum Quraisy kepada beliau Saw.

Al-Muhaddis as-Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki al-Hasani dalam kitabnya Tarikh al-Hawaadits an-Nabawiyyah halaman 57 menyebutkan: “Saat usia 35 tahun, kemuliaan dan keutamaan beliau Saw. semakin tersebar ke seluruh penduduk Makkah. Apalagi setelah peristiwa peletakkan Hajar Aswad, para penduduk Makkah semakin memuncak rasa kagum dan bangganya kepada beliau Saw. dan juga semakin memuncak penghargaannya atas kebajikan-kebajikan beliau Saw. Dan pada tahun itu juga lahirlah putri beliau Saw., Sayyidah Fathimah az-Zahra Ra.”

Imam Ibnu Katsir dalam al-Fushul fi Sirah ar-Rasul Saw. juz 1 halaman 103 menyebutkan: “Sesungguhnya putra-putri beliau Saw. ada 7. Semuanya dari Sayyidah Khadijah Ra. kecuali Sayyid Ibrahim, yaitu dari Sayyidah Mariyah al-Qibthiyyah Ra. Mereka adalah:

1. Sayyid Qasim Ra.
2. Sayyidah Zainab Ra.
3. Sayyidah Ruqayyah Ra.
4. Sayyidah Ummi Kultsum Ra.
5. Sayyidah Fathimah az-Zahra Ra.
6. Sayyid Abdullah Ra.
7. Sayyid Ibrahim Ra.

Dan yang paling mulia diantara mereka adalah Sayyidah Fathimah az-Zahra Ra. Adapun dalil-dalil dan data-data tentang kemuliaan Sayyidah Fathimah az-Zahra Ra. sangat banyak. Ia adalah wanita yang paling mulia di alam jagad raya ini dan akan menjadi pemimpin wanita-wanita surga. Saat Sayyidah Fathimah Ra. lahir, usia beliau Saw. adalah 35 tahun.”

#Imam Besar Jomblowan Sya'roni As Samfuriy mengajak semua hadirin untuk bershalawat salam kepada Baginda Nabi Agung Muhammad Saw. Shalluuuu 'alan Nabiy...


.

PALING DIMINATI

Back To Top